Liburan telah tiba !, dengan kebijakan sendiri secara kabupaten dan (entah) secara propinsi liburan dimulai sejak tanggal 1 Januari 2012.  Sedang turun ke sekolah kembali tanggal 9 Januari 2012. Tugas sebagai guru pada semester pertama tahun ajaran 2011-2012 telah selesai pada tanggal 31 Desember 2011. Sedang pekerjaan sampingan, sebagai pengelola keuangan ditutup dengan rekon SIMAK BMN ke KPKNL pada tanggal 4-5 Januari 2011. Dipertengahan Januari 2012, siap-siap untuk pengajuan uang muka kerja untuk uang persediaan.

Bagaimana dengan liburan nya ? Hehmm.. rencanya sih mau ke Bandung dan Jakarta. Insya Allah, berangkat tanggal 4 Januari 2011. Mengunjungi daerah lain merupakan pengalaman yang mengasyikan, refreshing secara fisik dan rohani. Walau saya tak tahu pasti tempat mana akan dikunjungi di Bandung dan Jakarta, terbayang suasana dingin dan pegunungan di daerah Jawa Barat menjadi sajian dalam liburan kali ini. Secara pengalaman, ini kali ketiga saya mengunjungi daerah Pasundan. Setiap kali melakukan perjalanan, saya berusaha untuk memberi dan mencari kesan, terlebih untuk menambah wawasan pengetahuan dan membawa oleh-oleh bagi peserta didik berupa cerita pengalaman plus Jepretan kamera, oleh-oleh ‘media pembelajaran’ berupa gambar.

Sedang Jakarta, biasanya dimulai dengan ziarah ke makam Habib Husein Al Idrus di Luar Batang (daerah Tanjung Priok). Kami warga Kalimantan Selatan (orang Banjar) biasanya jika berkunjung ke Ibukota selalu disempatkan berziarah ke tempat ini. Entah siapa yang mulai, namun menurut cerita, hal ini biasanya dilakukan oleh ulama kharismatik Kalimantan Selatan (Alm) KH. Zaini Ghani (Guru Sekumpul). Selanjutnya, biasaa lah .. shoping J, walau sebenarnya pengen sekali ke dua tempat di Jakarta, yaitu Musem Gajah dan Museum Fatahillah. Beberapa sumber sejarah otentik, yang menjadi bukti perkembangan sejarah Indonesia ada di sana, seperti prasasti, arca, dan patung-patung. Kalo di foto, asyik tuh dibawa ke dalam kelas. Mudah-mudahan bisa sempat berkunjung ke sana.

Oke, bagi yang sudah liburan, selamat bekerja kembali besok, Semoga di tahun yang baru ini, kita selalu mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT. Aminn

Iklan