Berkunjung ke Jakarta tak lengkap jika diakhiri dengan shoping di pusat-pusat perbelanjaan yang sudah terkenal di antero nusantara bahkan di Asia tenggara. Yang terkenal dari sekian banyak pusat perbelanjaan adalah Tanah Abang dan Mangga Dua. Dua tempat ini menjual segala bentuk tekstil secara grosiran. Harap di ingat, di tempat ini bisaanya menjual barang  minimal antara 3 dan 6 buah, baik berdasarkan seri (nomor) maupun model/warna. Bisaanya juga dijual untuk eceran, hanya untuk sisa-sisa barang yang sudah terjual. Di kawasan Tanah Abang ada tiga blok, untuk barang yang dijual secara eceran ada di blok B, selain nya hanya untuk di jual secara gorsiran. Untuk mempermudah penjualan, bisaanya mereka memberi tanda untuk bisa di jual grosir atau eceran.

Jika anda riskan membawa uang tunai, bisa juga dengan menggunakan kartu debit BCA. Sayangnya, hanya jenis kartu debit ini yang bisa digunakan, dibeberapa tempat juga tersedia dari Mandiri. Sedang kartu kredit hampir pasti tidak bisa digunakan.

Jika anda membawa rombongan, sebaiknya jangan terpisah-pisah. Apalagi jika hanya ‘one stop shoping’ artinya hanya belanja dan terus melanjutkan perjalanan. Di Tanah Abang, tidak disediakan parkir untuk bus, jika harus parkir maka harus membayar dengan preman setempat (preman di Tanah Abang terkenal  punya persatuan yang kuat). Pengalaman rombongan kami, harus terpisah dan tersesat maka harus tanggung sendiri pulang ke penginapan naik taxi.

Sedang di Mangga Dua, yang agak longgar adalah di ITC Mangga Dua, selain tersedia parkir bus, juga yang dijual lebih banyak secara eceran, bahkan ada yang dijual secara obral. Tas wanita dan sepatu mendominasi penjualan obral.

Bagaimana dengan harga ? Jika anda untuk menjual lagi, tentu harga murah dan mungkin keuntungan yang berlipat ganda. Namun jika ingin menggunakan sendiri, sebenarnya harga hampir sama dengan harga di daerah. Bisa juga dengan rombongan membeli secara grosir terus dibagi-dibagi dengan teman satu rombongan. Untuk hal ini sebaiknya anda membeli gorsir berdasarkan warna, dengan jika berdasarkan series anda harus punya kelompok dengan ukuran 27, 28, 29, 20, 31 (untuk celana).

Ya .. Jakarta, menyediakan secara apik yang ingin berbelanja dan prilaku konsumtif.

Iklan