Pagu DIPA BOS Kena Blokir, Madrasah Kencangkan Ikat Pinggang

Ada hal yang baru dalam DIPA Tahun Anggaran 2012, bagi satuan kerja Madrasah Ibtidaiyah (MI) , Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan mungkin satuan kerja lain di Kementerian Agama, entah di kementerian lain, banyak pagu (alokasi dana DIPA) yang kena bintang (*) alias di blokir. Serunya, anggaran atau Pagu yang di blokir justru dana-dana operasional kegiatan madrasah, seperti Dana BOS dan Belanja barang Operasional kegiatan pendidikan dan pengajaran. Praktis hanya pagu belanja pegawai dan kegiatan perkantoran yang tidak diblokir antara lain belanja pemeliharaan, langganan daya dan jasa, honor terkait satuan kerja dan perjalanan dinas. Nggak kebayang juga kalo belanja pegawai yang kena blokir, hahahaha.

Maksud, tujuan dan waktu pemblokiran beberapa pagu itu tidak jelas bagi satker, namun di DIPA tertulis “menunggu persetujuan DPR”, Hehmmm .. kalo sudah penjelasan blokirnya seperti itu jadi malas membahasnya. Ranah politik, paling nggak enak dibahas, kita (rakyat) kadang tak tahu mana yang benar dan mana yang salah, semua hanya ‘kepentingan’. Keinginan mereka (DPR & Penguasa) kadang tak pernah sama dengan yang diinginkan oleh rakyat, atau mungkin dibuat beda, apalagi menjelang 2014 situasi politik semakin hangat.

Ketika konsultasi dengan KPPN setempat, yang namanya di blokir nggak bisa direncanakan. Karena kalo sudah di blokir, bisa jadi akan di blokir selamanya, dan waktu penghapusan blokirnya pun nggak jelas, bisa berbulan-bulan. Hehmm .. Bisa bikin galau nih madrasah, .. hahaha.

Namun, menurut petinggi perencanaan kanwil kemenag, surat permohonan pembukaan blokirnya sudah di sampaikan kepada yang pihak berwenang (entah siapa yang berwenang membuka blokir). Apakah kepada yang terhormat di Senayan itu ya ? ih .. apa mereka sempat memikirkannya ya..

Mudah-mudahan, semua bisa berjalan lancar … Aminn

15 tanggapan untuk “Pagu DIPA BOS Kena Blokir, Madrasah Kencangkan Ikat Pinggang

    1. WAH GIMANA NICH CARA MBUKAK SECARA INSTAN,AGAR PARA GURU HONORER EKSRAKURIKULER YANG DIGAJI DG DANA BOS TETAP DAPAT HONOR,KEGIATAN BERJALAN LANCAR.APA BISA DITALANGI DULU/QRA2 DG DANA APA/MOHON DIKASIH SOLUSI YG MUDAH DIPERTANGGUNGJAWABKA!MAAF DAN TERIMAKASIH

  1. Mau tanya soal fungsional yang belum dicairkan, teman-teman menunggu ngantri gak datang-datang. kurang lebih 900 guru penerima fungsional kabupaten Pamekasan belum dicairkan, ketika ditanya ke kabupaten, bilangnya menunggu info dari Kanwil, Bagaimana informasi di Kanwil? Apa masih ada harapan untuk guru penerima fungsional yang belum dapat karena uang fungsional salah satu harapan guru untuk persiapan Maulid Nabi bulan depan sama keluarga, mohon informasinya, walau merepotkan mohon infonya, terimakasih.

    1. Anggaran 2011 sdh selesai, pembayaran fungsional thn 2012 tergantung pada ketersediaan anggaran dlm DIPA, termasuk untuk pembayaran fungsional tahun 2011 yg belum dibayarkan. Bapak bisa menanyakan apakah tunj fungsionalnya, ada anggarannya baik untuk tahun ini dan thn yg sdh lewat, jika tidak ada, .. ya tdk bisa ngapa_ngapain, demikian smg bermanfAat

  2. memang benar bung yunizar, dana pagu dipa tahun 2012 disebagian besar kementerian banyak sekali diblokir, bukan hanya di kemenag saja, tapi hampir menyeluruh. menurut info yang saya dapat dari orang2 eselon 1, dana tersebut masih diblokir karena evaluasi keuangan lembaga pemerintah belum semuanya selesai . . jadi seperti satker tempat saya bekerja hampir 25% pagu diblokir. tapi ya nggak terlalu jadi soal. yang penting kinerja kita nggak terlalu terganggu, karena kemungkinan besar sebelum habis triwulan pertama tahun ini blokir sudah dibuka . . itu katanya . . .

  3. wah.. Isi pulsa harus mencet bintang ma pagar.. Ni udah dipencet kok bintangnya masih ada?? Mdh2n bs berjalan normal kmbali ya…amiiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s