Smartphone sepertinya dibuat untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. Penyuka akses internet mobile, sangat dimanjakan oleh smartphone. Kita tinggal memilih jenis smartphone sesuai dengan kebutuhan atau hanya untuk life style. Beberapa orang fanatik terhadap salah satu vendor. Hampir semua vendor terkenal sudah menyediakan jenis smartphone.

Ketika saya memilih sebuah smartphone, saya sempat memikirkan beberapa hal, yang mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi semua : Pertama, fungsi push email menjadi layanan smartphone pertama yang saya kejar. Dengan layanan ini email serasa seperti SMS. Tak perlu harus login dulu, setiap email masuk atau keluar seperti SMS. Anda tinggal memaksimalkan email, untuk pengiriman laporan, notifikasi penggunaan perbankan, langganan email ke beberapa situs terkenal di berbagai bidang, notifikasi update social media, dan fungsi-fungsi lainnya.
Sayangnya email masih tidak terlalu familiar di banding SMS. Walau punya smartphone canggih ada juga yang tak bisa memanfaatkannya sama sekali untuk email.

Kedua ; bagi para blogger, terutama di wordpress, selain komentar di blog diberitahu melalui email dan membalasnya langsung, juga bisa membuat postingan lewat smartphone. Setahu saya Blackberry dan Android sudah support dengan wordpress. Contohnya WordPress for Blackberry.

Ketiga : beragam aplikasi chat dengan multi akun social media. Artinya hanya dengan satu aplikasi anda bisa terhubung dengan teman yang punya akun di beberapa social media. Contoh : Nimbuzz, bisa menghubungkan akun Yahoo Messenger, FB, My Space dll. Jadi tak perlu lagi, login dibanyak sosial media untuk chat.

Keempat ; Mobile Banking, Ini yang baru saya pakai belakangan ini. Beberapa bank terkemuka di Indonesia menyediakan fasilitas mobile banking untuk mempermudah nasabahnya. Dengan sekali pegang handheld anda, ada bisa melakukan aktivitas perbankan seperti transfer, pembayaran bermacam tagihan mulai dari PLN, kartu kredit hingga cicilan kredit motor, pembelian pulsa dan lain-lain.

Bagaimana dengan anda ?

Iklan