Ada yang aneh hari ini, ada sebuah email masuk yang menyatakan bahwa saya telah melakukan pembelian di situs shoping online terkenal ebay.com, sekonyong-konyong saya kagetnya luar biasa. Karena selama ini saya tidak pernah melakukan pembelian di situs shoping online tersebut. Dalam email tersebut saya dinyatakan telah melakukan pembelian sebuah kamera dengan harga $105, namun dibawah email ada pernyataan bahwa jika saya tidak merasa melakukan pembelian, silahkan untuk membatalkannya, dengan meng klik cancel, lalu menghapus history transaction dan cancel transaction.

Setelah saya klik, ternyata muncul tampilan website paypal.com, sebuah website bank online terkenal, namun yang aneh, di addres yang tampil justru bukan paypal.com tapi http://kinofree.cn, dan saya di suruh untuk login. Disinilah tampaknya penipuan itu akan dimulai, bagi yang tidak lihat alamat aslinya, langsung isi username dan password, maka jadilah informasi financil kita di paypal akan diketahuinya. Akhirnya benar juga, web tersebut dinyatakan oleh Mozilla sebagai web forgery. Melihat dari penjelasannya, bahwa situs tersebut adalah situs yang akan mencuri data dan identitas di web financial.

untuk menenangkan hati biar bisa tidur malam ini, saya menelpon call center penerbit kartu kredit yang saya miliki, untuk menanyakan transaksi terakhir. Terutama kartu kredit yang saya hubungkan dengan paypal. Alhasil, memang tak ada transaksi yang dimaksud, untuk lebih menenangkan hati lagi, kartu kreditnya langsung saya minta untuk diganti dan tentunya di blokir hingga kartu penggantinya terbit.

jadi tetaplah berhati-hati jangan sampai terjebak ya .. berikut screen shotnya :

Ini isi email penipuannya

Dan ini webnya setelah di blokir dan dinyatakan sebagai web forgery

Iklan