Pengantar

Berikut saya sadurkan sebuah terjemahan dari http://gradschool.about.com, bagaiman cara belajar saat menghadapi ujian. Terjemahan tulisan ini berjudul asli “How To Cram For a Test”, istilah “Cram” berdasarkan google translate diartikan dengan ‘menjejalkan’ materi untuk menghadapi sebuah test/ujian. Tulisan aslinya di tulis oleh Tara Kuther Ph.D, seorang Professor of Psychology di Western Connecticut State University.

Apa yang masih anda ingat dengan pelajaran sekolah yang lalu atau jenjang pendidikan sebelumnya ? Bagaimanapun jika anda menjejalkan sebuah materi pelajaran secara cepat dan dalam jumlah yang banyak akan mudah untuk dilupakan alias tidak ingat lagi. Jika anda harus melakukannya, berikut caranya : Anda punya waktu yang terbatas. Apa batas waktu Anda dan berapa banyak waktu yang Anda harus belajar? Anda tidak akan dapat mempelajari segala sesuatu. Jangan mencoba untuk belajar itu semua. Jadilah strategis dan memilih apa untuk membaca dan belajar. Buatlah daftar topik yang mungkin di tes. Prioritaskan daftar berdasarkan kepentingan. Konsultasikan siswa lain untuk mendapatkan perspektif lain dari apa yang penting.  Pertimbangkan:

Topik apa yang dibahas?
Bagaimana relevan adalah topik masing-masing?
Apa yang dibahas di kelas?
Topik apa yang paling sering disebutkan dalam bacaan kelas?
Topik Apa yang tercakup dalam handout, overhead, dan garis besar?

Jadilah realistis dalam memilih bahan untuk belajar. Pilihlah materi yang Anda anggap kurang penting. Prioritaskan daftar Anda berdasarkan pengetahuan Anda sendiri. Jangan menghabiskan waktu mempelajari apa yang sudah Anda ketahui.

Rencana
Tetapkan tujuan. Apa yang Anda butuhkan untuk belajar dan berapa banyak waktu yang Anda miliki? Apakah tujuan Anda realistis? Tentukan berapa banyak waktu yang Anda miliki dan mengalokasikan waktu untuk setiap topik studi. Juga merencanakan untuk istirahat dan tidur. Ini mungkin tampak kontra intuitif tetapi Anda perlu berhenti belajar dan istirahat agar otak Anda untuk menyimpan informasi. Penelitian menunjukkan tidur yang sangat penting untuk membentuk kenangan. Jika Anda ingin mengingat apa yang telah Anda penuh, tidur.

Gunakan Buku Catatan Anda.
Apakah Anda memiliki buku catatan ? Jika tidak punya usahakan untuk meminjam punya teman. Bahan test/ujian yang disampaikan oleh guru biasanya dijadikan sebagai soal test/ujian. Gunakan buku catatan kelas sebagai panduan untuk apa yang penting tetapi lengkapi catatan Anda dengan bahan dari buku bacaan  Tinjau bagian dari buku teks yang disebutkan di kelas. Bandingkan catatan Anda dengan teks dan menambahkan informasi Anda anggap relevan.

Gunakan Buku Teks Anda
Idealnya Anda harus membaca buku teks baik sebelum dan sesudah pelajaran.  Jika Anda belum  memahami bahwa membaca buku bukanlah cara yang baik untuk belajar karena Anda akan kewalahan dengan rincian yang tidak relevan. Namun, Anda tidak bisa mengabaikan buku teks. Sebaliknya Anda harus membaca secara strategis. Saat Anda membaca, mencari informasi tertentu. Baca garis besar bab, pengenalan, dan pertanyaan pembukaan atau tujuan. Saat Anda membaca, berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan atau mendiskusikan masing-masing tujuan. Perhatikan bagian ringkasan, pertanyaan, akhir-bab ringkasan dan kesimpulan. Jangan membaca semuanya. Sebaliknya, membaca untuk mengumpulkan informasi spesifik dibahas dalam catatan kelas Anda dan tujuan bab, pertanyaan, dan ringkasan.

Gunakan Tugas Sebelumnya
Menganalisis tugas yang sudah pernah diberikan oleh guru,

Ambil dan Merevisi Catatan
Membuat tulisan tentang materi pelajaran dengan kata-kata sendiri. Jangan menulis segalanya. Tekankan poin-poin utama, teori, kesimpulan. Cobalah untuk menentukan informasi tertentu yang mungkin akan ada di test/ujian. Setelah Anda memiliki satu set lengkap catatan, merevisinya. Jangan menyalin catatan Anda. Beberapa siswa percaya bahwa menyalin catatan mereka akan membantu mereka mengingat materi, tetapi ini tidak benar. Menyalin dan recopying catatan tidak efisien karena merupakan metode yang tak akan memiliki banyak informasi. Alih-alih berpikir tentang materi, bekerja untuk menyingkat itu, menghapus informasi yang sudah Anda ketahui. Membuat beberapa set catatan semakin singkat dapat membantu Anda belajar.

Mengulang materi sendiri
Ulanglah pelajaran sendiri, dengan kata-kata anda sendiri baik diucapkan atau di baca dalam hati

Membuat dan Menjawab Pertanyaan Tentang Materi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam buku Anda. Mengidentifikasi pertanyaan mungkin. Membangun jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini dan mengingat mereka.

Dapatkan Tidur
Tidur adalah keharusan,  jika Anda merasa kelelahan. Tidur untuk mengkonsolidasikan ingatan Anda. Kemudian bangun pagi, sarapan, dan meninjau materi Anda lagi.

Iklan