Lama gak buat postingan, ditengah kesibukan menjelang akhir semesteran dan laporan keuangan semester pertama TA.2012, saya sekedar mengulas prediksi hiruk pikuknya Piala Eropa 2012 yang diselenggarakan oleh Polandia dan Ukraina. Sayangnya, dua negara tuan rumah dari Eropa Timur ini tak berhasil lolos dari fase grup. Pun demikian, dua negara Eropa timur lainnya yang lolos dari fase grup juga tak bisa melenggang ke semifinal, Republik Cheska (Ceko) dan Yunani kandas di tangan Portugal (1-0)  dan Jerman (4-2) pada laga delapan besar.

Perempatfinal ketiga antara Perancis dan Spanyol dipastikan akan berjalan seru, dua negara merupakan juara-juara di awal abad ke-21. Perancis juara ditahun 2000 dan Spanyol juara tahun 2008. Hebatnya, kedua tim menggandengkan juara Eropa dengan juara dunia. Spanyol masih tetap diunggulkan oleh beberapa pengamat sepakbola, termasuk saya sebagai pengamat amatiran. Bermaterikan dengan pemain yang berasal dari klub besar di Liga Spanyol, seperti Barcelona dan Real Madrid, merupakan jaminan mutu bagi Spanyol. Sedang Perancis, sebenarnya tak bisa dipandang sebelah mata, beberapa pemain yang matang di Liga terbesar di dunia, yaitu Liga Inggris merupakan ancaman tersendiri. Walau sampai sekarang, masih mencari ikon penerus pengganti Platini dan Zidane, tokoh sentral itu sebenarnya mulai dimainkan oleh Riberry dan Samir Nasri. Bagaimana prediksi saya, kemungkinan ada dua hasil, Spanyol menang tipis atau berakhir seri. sedang jika terjadi perpanjangan waktu dan pinalti maka hasil akan 50-50. Tos-tosan tak bisa di tebak, semua yang bermain tinggal keberuntungan dan nasib 🙂

Sedang Inggris dan Italia pada delapan besar yang keempat, jika tetap mempertahankan permainan seperti pada fase grup, maka akan terjadi tontonan yang menjemukan. Inggris  bermain bertahan sedang Italia memang terkenal dengan permainan bertahannya. Anehnya kenapa justru ketika Roy Hodgson yang melatih Inggris justru bermain bertahan, tidak ketika diarsiteki Fabio Capello. Permainan pragmatis, dengan cendrung bertahan dan mengandalkan serangan balik serta mementingkan kemenangan saja, sungguh bagi penikmat bola seperti saya tentunya sangat menjemukan. Namun ketika permainan nanti, strategi apa yang dipakai oleh Hodgson dan Prandelli. Untuk hasil, saya menjagokan Italia untuk hasil akhir.

untuk Semifinal ‘ideal’ Portugal Vs Spanyol dan Jerman vs Italia, sedang Final Jerman vs Spayol, dan yang juara Jerman, bagaimana menurut anda ?

Demikian hasil ‘oret-oretan’ ngawur saya tentang Euro 2012… 🙂

Iklan