Memahami pengadaan barang dan jasa (barjas) selama ini terserak dalam berbagai bentuk, kadang harus bolak balik membaca versi pdf ketika ada peraturan yang berubah dengan peraturan presiden (perpres) yang lain.  Pengadaan barang dan jasa pemerintah sendiri, diatur dalam Perpres No. 54 Tahun 2010 yang diubah dalam Perpres 35 Tahun 2011 dan Perpres No.70 Tahun 2012.

Akhirnya, saya memiliki sebuah buku dengan judul ‘Cara Mudah Membaca Peraturan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah‘, sebuah buku yang merangkum ketiga perpres tentang pengadaan barang dan jasa. Buku ini ditulis Samsul Ramli, seorang trainer pengadaan barang/jasa yang disertifikasi oleh lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI, penulis juga tidak pelit dalam berbagi ilmu tentang pengadaan barang/jasa. Saya bertanya melalui BBM selalui dilayani beliau, bahkan pada malam hari sekalipun. Beliau ngeblog juga, di http://samsulramli.wordpress.com.

Dasar-dasar teknis pengelolaan pengadaan barjas, terutama yang adalah tiga perpres dimuat lengkap dalam buku ini. Ada beberapa hal yang selama ini membingungkan bagi amatiran seperti saya mengelola pengadaan barjas. Pada awalnya, kadang saya bingung juga membedakan pengertian pemilihan langsung, penunjukan langsung dan pengadaan langsung. Mendengar  para ahli pengadaan berbicara dengan sebutan PL. Apa ya artinya, karena semua sama singkatannya sama, pemilihan langsung, penunjukan langsung atau pengadaan langsung ? Aya aya wae…

Akhirnya ketemu jawabannya : Pemilihan langsung adalah metode pemilihan Penyedia Pekerjaan Konstruksi untuk pekerjaan yang bernilai paling tinggi Rp. 5 M, Penunjukkan langsung adalah metode pemilihan penyedia barang/jasa dengan menunjuk langsung 1 (satu) penyedia barang/jasa. Pengadaan langsung adalah Pengadaan barjas langsung kepada penyedia barang/jasa tanpa melalui pelelangan/seleksi/penunjukan langsung.

Bagi satker kecil (madrasah nih contoh) dengan keterbatasan SDM untuk mengelola pengadaan barjas, sebenarnya yang dicari adalah kemudahan dalam melengkapi administrasi pengadaan barjas. Sampai saat ini (perlu ekstra) masih mencari buku/bahan bacaan yang memuat urutan lengkap pengadaan barang dan jasa. Urutan dari A sampai Z lengkap dengan file, sehingga satker tinggal mengganti atau mengisi sesuai dengan jenis pengadaan. Atau mungkin jika ada yang mengetahui dimana kami bisa menemukan tolong kasih info. Sebuah aplikasi sederhana atau hanya dengan mail merge word dan excel, kayaknya bisa bikin hidup ini lebih indah, hehehehe

Untuk mengetahui peraturan yang mendasari pengadaan barang dan jasa pemerintah, buku ‘Cara Mudah Membaca Peraturan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah’ sudah cukup memadai. Namun yang saya harapkan, langkah-langkah pengadaan barang/jasa mulai dari A-Z yang diurai dengan kalimat sederhana masih menjadi bahan pencarian saya.

Semoga bermanfaat .. Wassalam,

1 Muharam 1434

Iklan