Akhir Tahun Anggaran 2012, Bagaimana TPG anda ?

Anggaran APBN Tahun 2012, akan segera berakhir. Pengajuan pembayaran apapun termasuk Tunjangan Profesi Guru (TPG) paling lambat tanggal 17 Desember 2012. Lewat tanggal itu tidak bisa diajukan lagi, maka menunggu lagi tahun depan dengan anggaran yang baru, anggaran tahun 2013.
Tahun ini (2012),  tunjangan profesi guru  untuk guru madrasah tidak ada revisi alias penambahan anggaran, alhasil bagi yang anggarannya kurang,tidak akan dapat penuh satu tahun. Walau masih dimungkinkan kekurangannya dibayar tahun depan. Namun akan jadi efek domino yang berkepanjangan, jika kekurangan pembayaran tahun ini dibebankan pada tahun depan, maka tahun berikutnya selalu akan kekurangan. Kecuali jika dimungkinkan untuk ada revisi, yang khusus untuk pembayaran kekurangannya.
Selain itu ada rumor yang berkembang tentang pengembalian pembayaran TPG guru DPK, guru Diknas yang di perbantukan di madrasah, kepada Diknas. Walau sampai sekarang saya belum pernah melihat suratnya. Walau agak bertentangan dengan peraturan di atasnya, (saya lupa jenis peraturannya), bahwa TPG dibayar oleh Kementerian yang melaksanakan sertifikasi. Guru diknas yang mengajar di madrasah disertifikasi oleh Kemeterian Agama. Entah bagaimana jadinya .. 🙂
Yang kita tunggu sebenarnya, adalah melekatnya TPG dengan gaji  induk/rutin, oleh seorang pemimpin yang kelak di akan datang peduli terhadap guru. Organisasi keguruan apapun jenisnya, tak punya harga tawar untuk memperjuangkan hal ini. Hanya sekumpulan orang dengan segala formalitas semu tanpa perjuangan konkrit untuk kemajuan dan kesejahteraan guru terutama guru honor/tidak tetap.
Ditengah cibiran banyak orang, tak henti-hentinya saya mengingatkan kepada saya sendiri dan teman guru se Indonesia, untuk terus meningkatkan profesionalisme kita apapun situasi dan kondisinya. Kita lah (guru), yang akan membekali setiap anak bangsa dengan ilmu yang bermanfaat, seperti yang di katakan dalam kitab suci Al Qur’an, bahwa manusia di hari akhir hanya membawa tiga hal, yaitu segala amal jariah, do’a anak yang saleh dan ilmu yang bermanfaat.  Semoga jadi pahala yang berlipat ganda bagi kita, amin …
Wallahualam bisawab, syukran …

3 tanggapan untuk “Akhir Tahun Anggaran 2012, Bagaimana TPG anda ?

  1. Informasi:
    saya mewakili temen guru yg lulus sertifikasi 2011. sertifikat sudah diterim, tp sk dirjen belum jg diterima. kalau sampai akhir bulan ini blm berarti anggaran kan dikembalikan ke negara…terus TPP nya sedangkan SK Dirjen belum jg kami terima? bisa beri kami pencerahan pa..

    1. Saya ada dengar berita, bahwa ada instruksi khusus -entah dari mana, sebenarnya saya pura-pura tidak tahu saja- bahwa untuk pembayaran TPG/TPP tidak bisa di bayarkan bahkan tidak dianggarkan jika belum punya NRG. Instruksi kali ini sgt tegas,trutama bagi guru yg belum selesai proses sertifikasinya. Yang kasian bg yg NRG nya belum trbit. Sepertinya, bersabar adalah yg terbaik, seperti kami dulu juga deg2an nunggu sertifikat dan nrg. Semoga bisa membantu

  2. Mohon penjelasan apakah benar kalau surat edaran tentang penghentian tunjangan profesi guru dpk pada madrasah bertentangan dengan peraturan diatasnya.
    sepengetahuan saya karena guru dpk disertifkasi oleh kemenag, maka pembayaran tunjangannya juga melalui kemenag, apalagi jelas guru dpk benar2 mengajarnya di madrasah. sementara guru agama yang mengajar di sekolah tetap dibayar melalui kemenag, padahal tidak mengajar di madrasah. mengapa koq demikian?

Komentar ditutup.