Tertarik dengan teman yang sering pamer speed test koneksi internet di sosial media, saya mau coba juga, mulai dengan browsing dan nanya kiri kanan 🙂 . Walau koneksi yang sangat tergantung dengan trik ini, saya masih kurang paham sama sekali. Pertama kali sering gagal ketika koneksi, bahkan saya salah beli jenis modem yang sebenarnya tidak support untuk koneksi dengan SSH.  Justru yang bisa konek dengan modem jadul yang saya beli tahun 2009, sebelumnya modem ini sudah tak terpakai karena saya memakai CDMA sejak beberapa tahun belakangan ini. Setelah browsing kemana-mana, saya kasih benchmarking ‘lumayan’ untuk koneksi dan tentu harganya. Trik dan tip SSH tidak permanen, namun jika lagi bisa, kecepatannya sungguh gak nahan. 😀

Apa sih SSH ? Menurut Wikipedia, Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.

Menurut sejarahnya, Pada tahun 1995, Tatu Ylönen, seorang peneliti di Helsinki University of Technology, Finlandia, merancang versi pertama protokol (sekarang disebut SSH) karena didorong oleh peristiwa serangan pembongkaran sandi di jaringan universitas. Tujuan dari pembuatan SSH adalah untuk menggantikan fungsi rlogin, TELNET, dan rsh protokol, yang tidak memberikan otentikasi kuat atau menjamin kerahasiaan. Ylönen merilis SSH sebagai freeware pada bulan Juli 1995, dan tool tersebut berkembang dengan cepat untuk mendapatkan popularitas. Menjelang akhir 1995, basis pengguna SSH telah tumbuh hingga 20.000 pengguna di lima puluh negara.

Walau agak khawatir dari segi keamanan, karena ketika menjalankan tools nya, harus menonaktifkan antivirus. Walau ada beberapa antivirus yang support untuk bisa jalan dengan tool SSH. Untuk hal ini sepertinya saya harus belajar lagi, atau anda yang mau sharing ilmu di komentar, saya ucapkan terima kasih.

Happy Friday, 18-04-2014

Iklan