Ujian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti sesuatu yg dipakai untuk menguji mutu sesuatu (kepandaian, kemampuan, hasil belajar, dsb):, sedang dalam segi pendidikan Ujian sering diartikan sebagai kegiatan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keberhasilan siswa. Entah sejak berapa lama ‘tak diuji’ dalam beberapa hal, entah sebagai guru atau hal lainnya. Untuk kali ini saya memberanikan diri untuk menguji seberapa besar pengetahuan saya dalam pengelolaan belanja modal di madrasah tercinta. Oh ya, pada lupa .. selain mengajar saya juga bantu-bantu dalam pengelolaan administra

Hasil Tes
Hasil Tes

si di sekolah, salah satunya pengelolaan belanja modal.

Lalu, saya ikut dalam Ujian Sertifikasi Profesi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) bekerja sama dengan Politeknik Negeri Banjarmasin. Tes dilakukan secara online dengan menggunakan komputer. Alhasil, bisa ditebak  saya dinyatakan belum lulus, mendapatkan skor 138 dengan skor minimal kelulusan 167. Namun ada lagi yang lebih penting, bahwa tes nya gratis dan dapat dana perjalanan dinas pula  dari kantor .. Hehehehe.

Sejak semula saya ikut hanya sebagai folunter saja 🙂 selain ingin mengetahui bagaimana bentuk tes, soal dan seberapa besar  pengetahuan saya tentang pengelolaan barang dan jasa. Sengaja saya tak membaca online dan buku tentang pengelolaan barang dan jasa, datang ke tempat ujian hanya berbekal pengetahuan dari pengalaman saja. Memang saya kerepotan dan cendrung menjawab pertanyaan secara menebak ketika muncul pertanyaan tentang pengelolaan belanja modal di atas pagu Rp 1 Milyar, karena saya tak pernah melakukannya. Saya lumayan diuntungkan karena boleh open book dan bukunya pun diberikan oleh panitia, batas waktu 2 jam membuat tak leluasa mencari jawaban di buku.

Bentuk tes ujian online begini, betul-betul menerapkan sistem tata nilai dan prinsip-prinsip hidup yang baik seperti efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel. Jika bentuk ujian ini diterapkan dalam semua bentuk tes/ujian yang ada di negeri ini, wah alangkah baiknya. Kita tunggu entah suatu saat, atau mungkin pemerintah kita yang baru akan menerapkannya seperti Ujian CPNS, masuk Polisi, Tentara atau mungkin Ujian Nasional.

Iklan