Sebagai penyuka film dengan genre action/war terutama dengan latar belakang sejarah, film-film besutan ‘Hollywood’ banyak berlatar sejarah militer negara Amerika Serikat, mulai dari masa revolusi Amerika, Perang Dunia I dan II, Perang Vietnam serta gerakan militer Amerika Serikat pasca peristiwa 9/11 di negara Timur Tengah. Film-film itu dibuat menggambarkan kuatnya hegemoni Amerika Serikat, bahkan di beberapa film menggambarkan seolah-olah tanpa terkalahkan, di tahun 1980-an kita masih ingat film Rambo yang tak terkalahkan di perang Vietnam. Kekinian justru lebih realistik, dimana sang jagoan diakhir film justru tewas mengenaskan.

Jika ingin melihat masa revolusi Amerika pilihan jatuh kepada film The Patriot (2000) besutan Mel Gibson yang berperan sebagai Benjamin Franklin. Sedang dengan latar belakang Perang Dunia saya memilih Saving Private Ryan dengan aktornya Tom Hanks, film Amerika Serikat bergenre sejarah-perang tahun 1998 yang bertemakan peperangan di saat invansi Normandia pada Perang Dunia II.

Salah satu adegan Fury (2014)
Salah satu adegan Fury (2014)

Yang terbaru saya lihat adalah Fury (2014) dengan aktor terkenal Brad Pitt sebagai pemainnya. Film ini bercerita tentang kru tank Sherman milik Amerika di Perang Dunia II di Eropa, sisi lain dari drama perang dunia. Diakhir cerita Don “Wardaddy” Collier (Brad Pitt) harus tewas mempertahankan tank Sherman-nya, yang juga dianggapnya seperti rumah sendiri.

Perang Pasifik juga digambarkan secara apik dalam film Pearl Harbor, dengan bintang nya Ben Affleck. Film yang juga menampilkan sisi romantisnya ini dengan latar belakang Jepang menyerang pangkalan Angkalan Laut Amerika pada tanggal 7 Desember 1942 di Hawaii, yang jadi sebab awal terjadi nya Perang Dunia II di kawasan Asia Paifik. Sedang pada masa perang Vietnam, yang paling legendaris tentu Platoon karya Sutradara jenius Oliver Stone, bahkan Stone membuat trilogi tentang Perang Vietnam. Tidak tanggung-tanggung Platoon dibintang 3 aktor hebat sekaligus yaitu  Tom Berenger, Willem Dafoe, Charlie Sheen.

Salah Satu Adegan Lone Survivor
Salah Satu Adegan Lone Survivor

Sedang film tentang keterlibatan Amerika di Timur Tengah pasca peristiwa 9 Nopember yang cukup mengesankan adalah Lone Survivor (2013), Zero Dark Thirty (2012) dan American Sniper (2014). Dua diantaranya (Lone Survivor dan American Sniper) merupakan film biografi perang, Lone Survivor dengan bintang Utama Mark Whalberg bercerita tentang perang di Afganistan, drama tentang kegagalan 4 tentara Navy Seal dalam operasi Red Wing untuk menangkap pemimpin Taliban Ahmad Shah. Tiga dari 4 anggota NAvy Seal tewas, yang selamat adalah snipers Marcus Luttrell.

Zero Dark Thirty bercerita tentang penagkapan yang oleh Amerika dianggap sebagai “the story of history’s greatest manhunt for the world’s most dangerous man” yaitu pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden di sebuah pinggiran kota Pakistan. Sedang American Sniper (2014) yang terakhir saya lihat beberapa hari lalu bercerita tentang Biografi Chris Kyle besutan sutradara dan aktor terkenal Clint Eastwood ketika berada dalam medan perang di Irak. Sebelum jadi anggota Navy Seal Kyle merupakan atlet rodeo, semasa penugasannya di Irak dia terkenal dengan sebutan The Syaitan karena keahliannya sebagai sniper. Tragisnya Kyle tewas ketiga sudah menjadi veteran perang, dan peristiwa pembunuhannya yang konon dilakukan oleh temannya sendiri masih menjadi misteri’

Chris Kyle dalam American Sniper
Chris Kyle dalam American Sniper

So, apa ada film perang yang mengesankan yang belum saya tonton, kasih info di komentar ya ..

Iklan