Di setiap satuan kerja (satker) yang mengelola dana APBN, ada pegawai khusus yang mengurus seabrek aplikasi baik offline maupun online. Biasanya mereka disebut dengan operator, senjata utama operator adalah komputer. Sebisa mungkin para operator mengelola komputer biar bisa diajak menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien. Berikut sebagian cara tweaking komputer untuk para operator :

  1. Spek tinggi.

Ya, perlu komputer dgn spek tinggi. Aplikasi besutan dari DJKN seperti SIMAN yang berbasis online perlu spek tinggi dengan minimum 2 Gb Memory Ram. Mempermudah juga untuk multi tasking, memperlancar membuka beberapa aplikasi sekaligus. Paling ideal sih, setara dengan Core i3 dengan 4 Gb memory ram atau diatasnya lagi. Kalau belum punya rampok aja tuh KPA (wkwkwkw). Kalau tanya merek, sama aja sih. Kalau gak pengen cepat rusak ya jangan dihidupin tuh komputer.

2. Operating System yang Asli

Nah, kalo yang ini agak susah, para pembina kementerian kayaknya gak pernah mikir untuk pengadaan software asli untuk semua satker. Kan gunanya untuk keperluan satker dengan tujuan efisien dan efektif. Jangan berharap dapat pengadaan software, beli aja komputer dengan software operating system window berupa windows starter, jika tak dapat pakailah bajakan. Hehehe. Sayangnya beberapa developer aplikasi seperti Kementerian Keuangan tidak friendly dengan OS gratis semisal Linux, alias cape mengelolanya.

3. Aplikasi Pendukung

Ini faktor penting lain agar kerjaan jadi lancar jaya. Beberapa aplikasi harus terinstal rapi diantaranya :

  • Net Framework, sebuah komponen yang dapat ditambahkan ke sistem operasi Microsoft Windows atau telah terintegrasi ke dalam Windows (mulai dari Windows Server 2003 dan versi-versi Windows terbaru). Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar solusi-solusi program untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan umum suatu program baru, dan mengatur eksekusi program-program yang ditulis secara khusus untuk framework ini. Salah satu manfaat dari net frame work jika anda sering menggunakan save as, maka coding perintahnya dikelola oleh net framework
  • Anti Virus, tak perlu banyak anti virus cukup satu dan terserah anti virus apa saja. Yang penting anti virusnya terupdate. Percuma punya banyak anti virus tapi tak pernah di update, yang ada bikin lelet tuh laptop. Cara updatenya gampang, tinggal pilih update otomatis di aplikasi antivirusnya. Setiap kita konek ke internet otomatis antivirusnya terupdate. Atau download updatenya di situs vendor pembuat anti virusnya
  • Gunakan aplikasi pembersih seperti CC Cleaner, untuk membersihkan file temporary file, cookies, dan file sampah di recycle bin agar kinerja semakin lancar. Nyari di google gih aplikasinya
  • Aplikasi standar lainnya, seperti untuk extract file ZIP/RAR gunakan 7 ZIP aja dibanding WINZIP tapi bajakan, aplikasi pembuat PDF seperti Do PDF, apikasi menggabung beberapa PDF seperti PDF Binder.
  • Selebihnya adalah aplikasi bawaan window dan office standr lainnya atau anda ingin menambahkan ??
  • Ada gunannya juga anda menyimpan beberapa aplikasi driver printer, jaga-jaga untuk suatu saat mencetak di luar kantor atau dirental atau punya teman

3. Sering-sering googling kalau gak ada kerjaan dengan kata kunci “cara mempercepat windows” atau “cara tweaking laptop” tuh tutorialnya bejibun di mbah google. Misalnya untuk menonaktifkan service window atau aplikasi yang jalan di window namun tidak berguna.  Atau anda ingin mempercepat laptop/komputer dengan mengesampingkan tampilan. Apa gunannya tampilan mentereng tapi lelet, wkwkwkwkw.

4. Koneksi Internet

Kalo yang terjangkau dengan telpon kabel tentu tak masalah, tinggal pakai kabel LAN atau share dengan Wifi. Sedang yang menggunakan modem perlu usaha yang keras supaya bisa mendapatkan koneksi yang cepat, pertama pilih jaringan GSM yang paling kuat, pilih modem yang bisa kodok atau loncat-loncat maksudnya bisa konek dengan 2G, EDGE, 3G, HSPA+ tanpa putus terutama untuk daerah yang jauh dari BTS. Biasanya sih yang enak dengan modem processornya Qualcom, cari yang ada pigtailnya untuk pakai antena, biasanya bermerek Huawei dan Sierra Wireless.

5. Terus asah kemampuan berkomputer anda, google menyediakan jutaan tutorial untuk meningkatkan kemampuan berkomputer anda. Salah satu indikator keberhasilan kerja anda adalah kinerja. Kinerja itu bang, adik, om, tante, nyonya, opa, oma sekalian adalah kualitas dan kuantitas kerja anda. Kan udah ada tunjangan nya. Wkwkwkwkw.

Happy Sunday Morning

Iklan