Para PNS seluruh Indonesia pada lagi sibuk mengisi data secara online di situs epupns.bkn.go.id besutan BKN dalam rangka Sistem Pendataan Ulang PNS Elektronik (PUPNS). Leletnya nggak ketulungan, dengan IP Addres 118.97.48.4 dan Internet Service Provider (ISP) punya PT. Telkom Indonesia, sepertinya tak sanggup mengatasi membludaknya para user yang login di seluruh Indonesia. Jika server sedang over load yah mending dibawa tidur aja.

Namun tidak semua disebabkan oleh karena server BKN nya yang overload bisa jadi karena koneksi internet yang jelek , apalagi pengisiannya sekarang sudah dibagi-bagi waktunya untuk kementerian/lembaga pada hari-hari tertentu, maklum lah Indonesia masih agak tertinggal kecepatan internet nya. Versi Tekno Kompas, Indonesia berada di peringkat 122 dari seluruh dunia kecepatan internetnya yang hanya average 1,9 Mbps. Malah kalah dengan India dan Philipina.

Berikut tips jika anda pengguna internet wireless dengan menggunakan modem :

  1. Cari signal

Cari signal paling baik dengan cara merubah letak modem, di beberapa modem bisa menggunakan kabel USB Panjang hingga modem bisa diletakkan di mana saja sampai mendapatkan signal paling baik atau menggunakan antena eksternal sekalian. Dalam istilah modem ada istilah dengan nama Recieved Signal Strength Indicator (RSSI) bisa kita lihat di aplikasi bawaan modem, jika jumlahnya semakin kecil berarti singal atau RSSI baik. Contoh pada modem merk Huawei bisa dilihat pada gambar berikut

Perhatikan tanda panah, semakin kecil angkanya semakin baik signalnya
Perhatikan tanda panah, semakin kecil angkanya semakin baik signalnya

Usahakan juga dapat signal yang sudah berupa DC HSPA+ atau sudah dengan jaringan LTE, jika tidak dapat maka usahakan dengan cara reset atau cabut modem atau ubah koneksi dalam bentuk WCDMA saja/WCDMA Only seperti gambar berikut

Pilih koneksi hanya dengan menggunakan WCDMA saja
Pilih koneksi hanya dengan menggunakan WCDMA saja

2. Usahakan jangan sampai koneksi internet dalam keadaan idle

Keadaan iddle adalah koneksi internet masih tersambung namun tidak mendapat bandwith alias bengong alias putus-putus atau tidak dalam keadaan aktif. Cara mengatasinya bisa dengan cara menggunakan aplikasi anti iddle dimana Software ini bekerja dengan cara terus menerus mengirimkan paket data kecil pada pihak provider internet. Atau dikenal dengan istilah ping. Silahkan googling untuk mencari aplikasinya dengan kata kunci “Connection Keeper”. Atau bisa juga dengan mendengarkan radio streaming yang lebih kecil memakan kuota atau data, dibanding membuka youtube. Untuk lebih mudahnya googling aja dengan kata kunci “tips mengatasi idle koneksi”.

3. Maksimalkan browser dan aplikasi komputer

Silahkan pilih-pilih browser paling cepat menurut anda, bersihkan file sampah dan cookies nya per periode tertentu, bisa dengan menggunakan aplikasi ketiga seperti CC Cleaaner. Untuk pengguna Mozilla di syech Google banyak beredar cara mempercepat loading mozilla dengan cara setting confignya, sekali lagi anda harus googling atau coba lihat link berikut ini https://jalantikus.com/tips/cara-mempercepat-loading-mozilla-firefox/ atau untuk pengguna Google Chrome bisa lihat link berikut  http://www.serbacara.com/2015/01/cara-mempercepat-mozilla-dan-chrome.html atau anda mencoba browser bikinan Tiongkok yang diklaim sebagai browser lebih cepat 20% dari browser yang sudah ada yaitu UC browser.

4. Setting APN Modem dan DNS

 “APN” merupakan kepanjangan dari Acces Point Name yang merupakan jalur akses untuk sambungan data internet pada jaringan GPRS, EDGE atau UMTS. Pada umumnya semua operator Gsm maupun Cdma pasti memiliki APN yang nantinya akan di pergunakan oleh para penggunanya untuk mengakses internet. Jadi fungsi APN ini sangat penting sekali bagi kelangsungan koneksi internet anda. Di beberapa provider Indonesia memiliki APN yang berbeda, seperti Telkomsel dengan Telkomsel dan internet, Indosat dengan indosatgprs, indosat3g, XL dengan www.xlgprs.net dan internet, Three dengan 3data. Silahkan ganti-ganti APN hingga menemukan yang paling cepat. Biasanya bisa mencoba dengan internet dulu baru yang lain.

Setting APN
Setting APN

Setting APN biasanya bisa disetting di aplikasi modem atau yang sudah kataegori mahir bisa merubah di control panel pada network and internet dan networkd sharing center.

Sedang DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer. Fungsi DNS di Internet adalah untuk mengerjakan pengalamatan dan penjaluran (routing), sehingga saat kita mengetikkan misal : http://www.google.com maka DNS server akan mencarikan alamat IP address dari host yang bersangkutan.

Bingung? Simplenya begini, misalkan kita mau nyari rumah teman, kita cuma punya alamat teman itu di secarik kertas. otomatis kita pasti nanya-nanya sama orang.  Singkat cerita kita sudah berada di pintu gerbang komplek menuju rumah teman, di dekat pintu gerbang  komplek itu ada warung, beberapa meter berikutnya ada warnet, berikutnya lagi ada salon dan lain sebagainya.Lalu kita akan bertanya pada siapa? Sudah tentu ke warung tersebut karena posisinya paling dekat dengan kita dan kita akan mendapat info paling cepat tentang rumah si Udin tersebut, karena jika bertanya ke warnet harus memakan waktu. Got it?

Setting DNS
Setting DNS

DNS yang paling lazim adalah punya google dengan Preferred DNS server: 8.8.8.8 Alternate DNS server: 8.8.4.4, atau dengan cara googling mencari DNS yang paling cepat atau yang dekat, bisa juga dengan cara mencari DNS paling dekat dengan mencari di link berukut ini http://www.opennicproject.org/nearest-servers/

5. Terus Asah Kemampuan Internet Anda

Berulang kali saya mengimbau untuk diri saya sendiri dan kita semua, untuk meningkatkan kemampuan teknologi dan informasi kita, kini jaman nya sudah serba online, dan jangan sampai tertinggal. So, selamat bekerja dan semoga bermanfaat.

Wassalam

NB : Walau agak telat nih posting, baru selesai setelah isi e-pupns yang katanya bikin mumet .. Heheheh

Iklan