Di tengah bejibun kesibukan menjelang akhir tahun anggaran, saya punya hobby baru. Walau boleh dibilang tidak baru lagi, karena sudah telat umur (baru nyadar udah tua). Saya kadang menyebutnya dengan hobby lama bersemi kembali, yaitu berkreasi dengan motor. Kalau jaman dulu hingga sekarang suka modif kecil-kecilan motor. Namun kali ini agak beda, bukan motornya di modif. Tapi bikin video dengan naik motor. Kegiatannya disebut dengan motovlog, mungkin artinya naik motor sambil bikin video. Sedang orangnya disebut dengan motovlogger. Gejala ini sesuai dengan perkembangan channel berbagi video terkenal yaitu youtube. Bahkan dapat di monetize dan juga ada istilah jadi artis youtube.

yunizar_motovlog
Saat merekam perjalanan saya
vlcsnap-2016-11-21-16h39m42s570
Saat saya merekam perjalanan saya, yunizar_motovlog
vlcsnap-2016-12-05-18h37m40s145
Kemacetan kota Banjarmasin

Berbeda dengan blogger yang bikin tulisan, maka motovlog membuat video. Salah satu aplikasi yang sebenarnya ‘gagal’ saya taklukkan. Dari dulu gak pernah sukses belajar untuk buat edit gambar dan video yang keren. Modal peralatannya tak terlalu jauh beda. Jika jadi blogger perlu peralatan seperti PC, Internet, bayar hosting dan lain-lain. Maka jika jadi motovlogger harus punya peralatan baru yaitu kamera action. Untuk kamera action bisa disesuaikan dengan budget mulai harga di bawah 500 ribuan hingga di atas 5 jutaan. Dan juga peralatan ridingnya, terserahlah mau makai apa saja yang penting bisa menggunakan kamera action saat naik motor.

Kalau melihat motovlog sukses dari luar dan dalam negeri, banyak yang mereka lakukan selama merekam perjalanan dengan motor. Mulai dari review motor yang mereka bawa, kebut-kebutan di jalan bersama teman-teman mereka, observasi daerah yang mereka lewati, melihat perilaku berkendara pemotor lainnya atau bahkan jalan-jalan tak jelas dengan kisah unik dan lucu. Dikemas dengan edititng video yang keren, akhirnya mereka mendapat view ribuan bahkan jutaan. Wah, kalau sudah begitu berapa tuh .. uang yang mereka dapat dari youtube jika di monetize.

Akhirnya, saya ikut-ikutan juga he he he. Jika berkenan bisa melihat channel saya di http://www.youtube.com/c/YunizarMilanta

Iklan