Mewarnai Tulisan Icon pada Desktop

Bosan dengan tampilan warna tulisan keterangan Icon pada Desktop ! Ubah warnanya dengan software Deskcolor, hingga tampilannya bisa seperti berikut :

Jika anda ingin, desktop juga bisa di buat hidden atau disembunyikan, ini cocok untuk supaya kompie/laptop aman dari tangan jahil. Caranya di toolbar desktop klik kanan icon deskcolor, lalu klik hidden desktop.. terus hilang deh semua gambar dan tulisan pada desktop, untuk mengembalikannya klik lagi hidden desktop. Semoga bermanfaat, Wassalam



DOWNLOAD DESKCOLOR DISINI

Kenaikan Gaji PNS 5% Tahun 2010,… Ditunggu !!

Seperti yang sampaikan oleh pemerintah tentang kenaikan gaji pegawai sebesar 5 % dari gaji pokok pada tahun 2010. Tahun ini memang sedikit agak ganjil, jika tahun 2009 sejak bulan Januari 2009 sudah beredar daftar gaji pokok baru yang memuat jumlah kenaikan gaji sebesar 10%. Bisa jadi tahun lalu sarat sekali dengan muatan “politis”, karena dekat dengan kampanye pemilu eksekutif dan legislative.

Tahun ini sangat berbeda, sampai tulisan ini dibuat tidak ada sedikitpun berita tentang kabar rencana kenaikan yang 5 % itu. Para pembuat daftar gaji di setiap satuan kerja di kementrian (dulu departemen) masih menunggu sampai tanggal 10 Maret 2010, dengan harapan ada perubahan daftar gaji baru berupa tabel-nya atau update program pembuatan daftar gaji. Jika tak ada hingga tanggal 10 Maret 2010, maka kenaikan 5% silakan tunggu hingga bulan Mei 2010. Karena jika membandingkan tahun lalu, perubahan gaji pokok di hitung sejak bulan April 2009, dan rapelnya selama 3 bulan yaitu Januari 2009 s/d Maret 2009.

Untuk tahun 2010, kelihatannya masih tidak jelas, apakah dampak dari banyaknya problema yang dihadapi pemerintah atau hal-hal lain. Informasi rencana kenaikan 5%,akan terus saya update. Untuk lebih rinci bisa dilihat di www.perbendaharaan.go.id ini adalah situs resmi dari Direktoran Jendral Perbendaharaan yang menangani khusus penyaluran dana APBN. Yang anda cari disitusnya dan selalu saya tunggu adalah SE Dirjen Perbendaharaan dan update-update program keuangan tingkat satuan kerja. Harap maklum, saya selain jadi guru juga sebagai pembuat daftar gaji, pengelola laporan keuangan satuan kerja, laporan keadaan barang, wakamad sarana dan prasarana, pembuat surat perintah pembayaran (SPM) … (wah ini yang bikin capek )

 

Pengalaman Satu Minggu Dengan HTML

Selama satu minggu terakhir, saya begitu bersemangat mengotak atik code html untuk membuat blog ini kelihatan lebih berwarna, sedikit lebih indah, sedikit agak banyak.. padahal terus terang minggu sebelumnya saya tidak tahu sama sekali dengan html code.

Ternyata sekali lagi, mbah google solusinya, cukup dengan mengetikkan get code html, muncullah ratusan html code. Kalau mau mencoba silakan KLIK DISINI. Yang agak panjang waktu nya saya mempelajari adalah ketika ingin memasukkan gambar dalam sebuah widget, ternyata solusinya mudah sekali. Anda tinggal meng-klik kanan sebuah gambar dalam sebuah web atau blog. Lalu pilih view image info, pilih media, nah disana ketemu deh dengan alamatnya gambar tersebut dalam web/blog. Copy aja alamatnya masuk kan ke dalam code html nya, simpan widgetnya selesai deh.

Ini bukan tutor, hanya pengalaman saya yang baru bisa html-an, hahahaha.. kalo saya . tahu lebih banyak ntar saya sharing, lagi..
Semoga bermanfaat.
sTRESS AKIBAT FLU BURUNG

DAFTAR NILAI OKE DENGAN EXCEL

Setiap akhir semester, para guru sibuk membuat daftar nilai untuk diisikan pada buku raport peserta didik, nah supaya agak beda dengan guru-guru yang lain, saya punya daftar nilai dalam bentuk format ms excel. Saya ingin share saja, selain tampilannya yang bagus namun juga mempermudah anda untuk meracik nilai yang di dapat siswa, baik nilai setiap KD, nilai tugas, PR, dan nilai ujian/ulangan semester berikut tampilannya

Penggunaan daftar nilai tergantung kemampuan anda menggunakan Microsoft Excel, semoga bermanfaat.
Oh..ya jangan lupa

Smile

DOWNLOAD FILENYA DISINI
wASSALAM

Back Up My Drivers

Ini pengalaman aja.. saya kira udah banyak yg bikin posting serupa.. Rasanya saya nggak kehitung meng-instal komputer/laptop, namun setiap kali saya kerepotan untuk balikin driver-nya. Untung ada software yang bisa back up driver yg sudah terinstal di komputer maupun laptop. Manualnya gampang banget, klik dua kali file exe nya, trus pilih manage my driver, trus backup.. supaya aman pilih drive yang tidak sama dengan file system yaitu drive D, E dan seterusnya. Berikut tampakan My driver

DOWNLOAD MY DRIVERS DI SINI
Mudahan bermanfaat, lebih aman lagi apabila cd driver bawaan dari komputer atau laptop anda tersimpan dengan aman, kalo nggakada juga buruan back up driver anda.
Wassalam

World Map Quiz Buat Pembelajaran IPS

Salah satu tugas guru adalah membuat pelajaran menarik bagi siswa, sehingga pembelajaran tidak monoton dan membosankan. Penggunaan media dan model pembelajaran yang tepat salah satu nya membuat pembelajaran itu menjadi menarik bagi siswa. Berikut dari hasil pencarian di mbah google, saya menemukan sebuah software berupa permainan dengan nama Word Map Quiz yang bibuat oleh Mike Lavin (thanks Mike). Penggunaan softwarenya sangat mudah, ekstrak file zip-nya dengan program seperti Winrar, 7 Zip atau file ekstraktor lainnya. Setelah diekstrak Word Map Quiz langsung bisa di pakai tanpa diinstal. Berikut tampilannya


DOWNLOAD WORLD MAP QUIZ DISINI

Cara penggunaannya, pertama pilih jenis peta yaitu peta dengan negara yang paling besar (bigger), besar (big), kecil (small), paling kecil (smaller) dan waterway (samudera dan lautan). Setelah kita pilih akan tampak peta dunia, negara dalam peta yang menjadi pertanyaan akan berkedip-kedip. Anda lalu menanyakan pada siswa wilayah negara apakah itu ? Untuk mengkoreksi jawaban siswa betul atau salah klik show answer, lalu klik tombol I know atau Don’t Know. Berikutnya akan muncul wilayah negara yang berikutnya. .
Penggunaan program ini bisa digunakan dalam penilaian proses atau hasil belajar, materi pembelajaran yang cocok dengan World Map Quiz pada tingkat satuan pendidikan SMP/MTs adalah kelas IX materi pembagian negara dan benua, dan materi yang berhubungan dengan negara-negara dunia ( maklum yg nulis nggak ngajar kelas IX). RPP-nya bisa anda DOWNLOAD DISINI.
Supaya lebih OK, gunakan slide Projector dan komputer/laptop tentunya.
Mudah-mudahan bermanfaat, mohon ditanggapi dengan klik leave a comment.
Wassalam

Memutus Jaringan Wifi Bagi User Lain

Suatu ketika mengikuti pelatihan, dan kebetulan disana terdapat jaringan free hotspot. Karena banyak yg memakai, otomatis jaringan wifi nya rada lelet. Iseng lalu nyari di mbah google, cari supaya jaringan wifinya bisa bikin cepat. Eh… ternyata malah ketemu cara memutus jaringan wifi komputer atau laptop user yg lain. Nama softwarenya Netcut. Langsung aja di instal, trus dicoba pada teman sekamar dan langsung wifinya disconnect, manualnya : pertama instal, harap diingat di beberapa antivirus Netcut dianggap sebagai virus, so antivirus nya di non aktifkan dulu.. ketika programnya dibuka kita disuruh milih adapters netcard nya,jika pakai wifi maka klik lah adapter wirelessnya lalu oke, maka akan muncul tab IP, Hostname, dan Physical address yang merupakan komputer atau laptop online pada jaringan yg sama.. pilih salah satu atau semua .. lalu klik cut off, maka komputer atau laptop yang lain akan disconnect. Jika ingin berhenti klik resume.
Namun harus berhati-hati jangan sampai meng cut off, punya kita sendiri. Cara nya lihat hostname komputer/laptop kita dulu dengan cara klik kanan my computer pada desktop, pilih propertis, lalu computer name, yang tertulis pada full computer name adalah hostname yg dibaca oleh Netcut. jadi yg itu jangan di cut off, kalo di cut off sama artinya dengan bunuh diri 🙂 🙂 :), dan juga ada program antinetcut-nya namun akan saya bahas kemudian.. karena udah lupa hehehehe wkwkwkwkw
Demikian selamat mencoba, namun sekali lagi gunakan dengan bijak jgn merugikan orang lain .. kecuali kepepet 🙂 🙂 🙂
DOWNLOAD NETCUT 2.0 DISINI
sedang anti netcutnya DOWNLOAD DISINI (menurut beberapa teman Netcut lebih maju dari pada antinetcutnya, so.. bisa aja untuk jaga-jaga)

Sertifikasi Guru 2010

Di tahun 2010 ini, para “penunggu” sertifikasi di kalangan guru madrasah, sedikit agak tidak terlalu khawatir tentang kejelasan dapat atau tidaknya, cepat atau lambatnya, tunjangan sertifikasi masuk ke dalam rekening masing-masing. Berdasarkan penulusuran dari berbagai informasi, para penunggu sertifikasi khususnya guru madrasah harus menunggu 2 sampai 3 proses lagi, baik yang disertifikasi tahun 2009 atau sebelumnya.
Proses pertama, adakah nama anda wahai para guru madrasah termasuk dalam Daftar Penerima Sertifikasi tahun 2010, yang dibuat oleh satker, dan diserahkan kepada Kanwil tingkat propinsi, silakan tanya pada pengelola TU di madrasah masing-masing. Semua guru baik yang sudah disertifikasi atau yang dalam proses harus dimuat dalam daftar tersebut, jika nama anda tidak ada dalam daftar itu, harus segera menghubungi Kanwil propinsi yang bersangkutan. Sebagai contoh, silakan download disini Daftar Penerima Sertifikasi tahun 2010 pada madrasah kami.
Proses Kedua, khusus untuk guru yg disertifikasi tahun 2009, anda yg belum mengantongi sertifikat (termasuk saya 🙂 🙂 ) jangan berharap cepat untuk segera mendapatkan tunjangannya, jadi kata kuncinya “bersabar” dan “selama bersabar itu kita akan menjadi kekasih Allah SWT”.
Proses Ketiga, semua data guru yang memiliki sertifikat akan dikirim ke Jakarta cq Dirjen Pendidikan Islam, untuk dibuatkan SK Penetapan Penerima Tunjangan Sertifikasi tahun 2010. Perlu diingat bahwa SK inilah yang paling penting, dan hal inilah yang bikin lambat proses pencairan sertifikasi, belum lagi jika data yang dikirim dari daerah itu bermasalah seperti kurang beban kerja dan kurang jam mengajar,maka otomatis nama anda tidak ada dalam SK ini. Tahun lalu SK ini terbit sekitar bulan April dan Mei, sedang yang bermasalah SK nya terbit sekitar bulan Oktober dan Nopember.
Anehnya SK Dirjen Pendis ini dibuat setahun sekali, tidak sekaligus selamanya. Padahal supaya tidak bikin rumit, sertifikat saja sebenarnya sudah merupakan bukti otentik bahwa guru yg bersangkutan berhak mendapat tunjangan tersebut. Namun itulah Indonesia, dan jangan takut jadi Indonesia.
Namun dari semua yang saya paparkan di atas, ada lagi yang lebih penting, yaitu pentingnya kita sebagai guru untuk meningkatkan kinerja, berbagai profesi lain mulai “mencemburui” kita sgb guru. Beberapa oknum guru masih banyak kinerjanya rendah, datang lambat pulang cepat dsb. Dibeberapa kesempatan saya pernah di damprat bahwa program sertifikasi adalah pemborosan, ukurannya tak jelas, nggak bisa ngajar dapat gaji 2 kali lipat, bisanya mencatat di papan tulis saja, pokoknya macam-macam lah.
Oleh sebab itu program pemerintah ini seharusnya kita sikapi dgn peningkatan kinerja kita sebagai guru, terima kasih sudah membaca tulisan ini, mohon ditanggapi.
Wassalam…